Paket Rias Pengantin Basahan Solo Prezy Salon

Paket Rias Pengantin Basahan Solo Prezy Salon

Posted on

Riasan pengantin basahan Solo berasal dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Riasan ini merupakan bentuk tata rias tertinggi dalam keraton Surakarta Hadiningrat. Namun untuk sekarang tata rias ini dapat digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Bagi anda calon pengantin yang akan mengusung pernikahan menggunakan adat ini, Prezy Salon menyediakan paket rias pengantin basahan Solo.

Paket Rias Pengantin Basahan Solo Prezy Salon

 

Paket Rias Pengantin Basahan Solo Prezy Salon

Pernikahan dengan menggunakan adat basahan Solo cukup populer di Solo dan Jawa tengah pada umumnya. Penggunaan tata rias dan busana pengantin basahan Solo berasal dari tradisi keraton Hadiningrat Surakarta. Tata rias dan busana pengantin basahan solo tercipta dengan memiliki filosofi sebagai simbol dalam berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Riasan Pengantin Basahan Solo

Sebelum menentukan pilihan paket riasan pengantin Basahan Solo, baiknya anda mengetahui bagaimana riasan dan busananya. Tata rias pengantin putri basahan solo memiliki ciri khas yang unik diantaranya paes warna hijau yang mempunyai arti agar pengantin putri bisa selalu berpikir positif. Bentuk alis Menjangan meranggah yang sebagai simbol semangat dan keceriaan.

Paes terdiri dari empat bentuk yaitu gajahan atau panunggul yang terletak di tengah dahi yang mempunyai arti manusia yang berilmu. Kemudian pangapit yang bermakna manusia mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Selanjutnya adalah panitis yang mempunyai arti agar calon pengantin memilah sesuatu secara tepat. Terakhir godheg, yang adalah sebuah harapan agar dapat memberikan keturunan untuk melanjutkan ilmu kehidupan.

Ronce melati semakin mempercantik pengantin putri yang disematkan pada sanggul dengan roncean panjang sampai ke dada yang sering disebut “tiba dada” yang artinya bunga di dada.

1. Busana Pengantin Putri Basahan Solo

Penataan sanggul Solo basahan dengan menggunakan sanggul bentuk Bokor mengkurep yang berarti pengantin wanita diharapkan bisa mandiri serta selalu bersyukur atas segala pemberian Tuhan Yang maha Esa. Adanya Sunggaran di samping kanan kiri dekat telinga yang bermakna mau mendengarkan nasihat baik.

Hiasan sempyok garuda yang berada di belakang sanggul mempunyai makan agar selalu waspada. Cunduk menthul yang berjumlah 9 dengan motif alasan-alasan diharapkan bisa menghadapi kehidupan dengan bijaksana. Hiasan cunduk jungkat dan centung mempunyai makna kesucian serta sisir atau keketan bermakna kesetiaan.

Pada sanggul pengantin putri menggunakan roncean melati yang mempunyai arti bahwa istri harus mampu menjaga keutuhan rumah tangga dengan berpegang teguh kepada ajaran Tuhan Yang Maha Esa.

Dodotan yaitu kain kampuh dodot berwarna hijau yang dipadukan dengan prada emas bermotif alas-alasan serta motif blumbangan, kemudian stagen, udet cinde dengan motif cakar sebagai ikat pinggang, januran dan Buntal udan emas.

2. Riasan Pengantin Pria Basahan Solo

Terdiri dari celana panjang berbahan cinde. Untuk memperkuat dodot pengantin pria menggunakan ukup dan epek timang sebagai ikat pinggang dan tempat menyelipkan keris.

Paket rias pengantin Basahan Solo dapat menjadi pilihan anda dalam mempersiapkan resepsi pernikahan. Percayakan semua itu kepada Prezy Salon ahlinya tata rias pengantin dengan tenaga profesional.