Jasa Paket Siraman Adat Jawa Prezy Salon

Posted on

Bagi rakyat Jawa, istilah siraman sudah tidak asing lagi dalam rangkaian prosesi pernikahan. Siraman merupakan ritual yang perlu dilakukan oleh calon mempelai pengantin sebelum proses pernikahan. Siraman biasanya menjadi rangkaian urusan penting yang harus dipersiapkan oleh calon pengantin. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir Prezy Salon menyediakan jasa paket siraman adat Jawa secara lengkap.

Paket Siraman Adat Jawa

Siraman berasal dari bahasa Jawa, siram yang artinya mandi. Siraman dilaksanakan sebagai simbol pembersihan diri secara lahir batin, pembersihan dari dosa masa lalu. Sehingga calon pengantin kembali bersih dan siap memasuki lembaran baru dalam kehidupan mereka.

Persiapan Kelengkapan Prosesi Siraman

Siraman biasanya dilakukan di halaman rumah atau ruangan khusus yang sengaja dipersiapkan untuk prosesi siraman. Kelengkapan yang diperlukan dalam paketĀ  siraman adat Jawa antara lain gayung, tempat air, kembang setaman, kendi, air yang diambil dari 7 mata air, ladha merang, dua butir kelapa hijau tua yang lengkap dengan sabut, konyoh pancah (lulur basah), kain batik motif grompol dan nagasari, serta handuk.

Tata Cara Prosesi siraman

Tahapan pertama adalah sungkeman, calon pengantin melakukan sungkem kepada kedua orangtua yang kemudian calon pengantin dibimbing ke tempat yang sudah disediakan.

Lalu siraman dimulai dari kedua orangtua dilanjutkan para sesepuh, selanjutnya prosesi siraman diakhiri oleh juru rias atau sesepuh dengan menggosokkan ladha merang, santan kental serta air asam pada rambut calon pengantin. Tidak lupa digosokkan pula konyoh panca warna ke seluruh tubuh lalu dibersihkan hingga bersih.

Tahapan selanjutnya, calon pengantin akan berkumur sebanyak 3 kali menggunakan air yang dituangkan dari kendi oleh juru rias. Kemudian selesai berwudhu, air yang masih tersisa di dalam kendi disiramkan ke kepala, wajah, telinga, leher, kedua tangan dan kaki sebanyak 3 kali. Setelah itu, kendi dipecahkan oleh kedua orang tua calon pengantin di depan calon pengantin.

Calon pengantin akan berganti pakaian dengan menggunakan kain batik motif grompol dan nagasari. Setelah itu, calon pengantin digendong atau dibopong oleh kedua orang tua menuju kamar pengantin. Hal ini merupakan simbol kasih sayang kedua orangtua yang mengiringi anaknya untuk memasuki tahap baru kehidupan sang anak.

Inti dari prosesi siraman telah selesai. Tahapan selanjutnya, calon pengantin akan dipaes dengan menghilangkan bulu halus pada dahi serta tengkuk sebagai simbol membuang semua hal buruk dimasa yang lalu. Prosesi siraman diakhiri dengan acara dodol dawet yang dilakukan kedua orangtua dari calon pengantin wanita.

Prosesi ini dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama kreweng atau pecahan genting sebagai simbol mata uang untuk bentuk pengajaran bagi kedua calon pengantin. Kreweng nantinya diberikan oleh ibu calon pengantin kepada putrinya sebagai simbol cara mengatur nafkah dalam kehidupan perkawinan nantinya.

Bagi anda yang ingin melaksanakan upacara pernikahan dengan mengusung adat Jawa dengan disertai rangkaian prosesi siraman. Prezy Salon telah menyediakan jasa paket siraman adat Jawa yang sudah lengkap sehingga mempermudah anda untuk mewujudkan acara pernikahan yang sesuai anda inginkan.