Paket Rias dan Busana Pernikahan Minang Prezy Salon

Posted on

Keindahan sunting yang terpancar serta mahkota tersusun cantik yang membingkai kepala memperlihatkan betapa anggunnya pengantin wanita Padang Pesisir. Dengan berpadu busana kurung yang bernuansa keemasan menambah kemewahan yang berbalut keindahan sehingga semakin mempercantik pengantin wanita Minang. Bagi anda yang akan mengusung pernikahan dengan adat Minang, Prezy Salon menyediakan paket rias dan busana pernikahan adat Minang.

Paket Rias dan Busana Pengantin Adat Minang

Tak berbeda jauh dari pernikahan adat yang lainnya, pernikahan adat Minang juga mempunyai ciri tersendiri dalam hal riasan serta busana yang dikenakannya.

Tata Rias Pengantin Wanita Minang

Bagi calon pengantin wanita Minang rela menahan beratnya sunting yang akan dikenakan di hari pernikahan mereka. Berat suntiang yang dikenakan minimal 1 kg dan terdiri dari 9-11 tingkat sunting. Berat suntiang merupakan lambang tanggung jawab wanita Minang untuk menjadi seorang Bundo kanduang yang memikul tanggung jawab serta kesiapan  sebagai istri dan ibu dari putra-putrinya kelak.

Lapis paling bawah berisi ronce bunga melati segar sebagai lambang kedamaian, kemudian sunting ketek yang berjumlah tujuh tingkat yang melambangkan sopan santun dan budi pekerti. Di atas sunting ketek terdapat susunan mansi-mansi yang terdiri dari tingkat sarai serumpun serta sunting gadang sebagai lambang kedewasaan, kearifan dan kebijaksanaan.

Di antara susunan sunting ketek, terdapat sepasang burung merak kanan kiri. Pada posisi paling atas, terdapat susunan kembang goyang yang membentuk lingkaran kepala. Ada pula perhiasan panjang yang terjuntai hingga ke sisi telinga kanan kiri yang dinamakan kote-kote. Pada dahi dihiasi seuntai kalung cantik yang bernama laca.

Busana Pengantin Wanita Adat Minang

Busana pengantin pada adat Minang disesuaikan dengan warna khas adat Minangkabau yakni hitam, merah serta kuning yang merupakan simbolik bagi masyarakat Minang. Warna merah yang melambangkan keberanian dan kepahlawanan, warna kuning bermakna kerajaan dan warna hitam bermakna kuasa.

Busana pengantin adat Minang terdiri dari baju kurung yang terbuat dari kain baldu dan bersulam benang emas. Kain sarung atau kodek terbuat dari songket pandai sikek yang sangat cantik dikenakan para daro Minangkabau.

Tata Rias Pengantin Pria Minang

Tidak banyak ornamen yang dipakaikan pada pengantin pria Minang. Hanya mengenakan penutup kepala yang berupa destar ikat atau disebut deta ikek yang berhiaskan manik-manik bunga cempaka berwarna keemasan untuk menambah penampilannya.

Tata Rias Pengantin Adat Minang Modifikasi

Tata rias pengantin adat Minangkabau Modern dikreasikan pada sisi busana yakni di modifikasi dengan kebaya.  Sehingga anda menggunakan tata rias dan busana pernikahan adat Minang secara modern. Dengan menambahkan aksesoris suntiang akan menampilkan pengantin yang cantik dan elegan. Make up akan terlihat kontras dengan pemakaian warna merah yang sangat identik dengan tata rias pengantin adat Padang Minangkabau pada khususnya, serta warga melayu Sumatera pada umumnya.

Anda merupakan pasangan calon pengantin yang berasal dari tanah Melayu atau Minang yang merencanakan acara pernikahan dengan adat Minang. Dengan ini Prezy Salon dapat menyediakan paket rias dan busana adat Minang lengkap. Segera hubungi customer service kami yang melayani anda selama 12 jam.